Rabu, 08 September 2010

Newton Saksikan Bumi dari Ruang Angkasa

Il
Sir Isaac Newton kini ada di ruang angkasa. Astronot pesawat ulang alik Atlantis kelahiran Inggris, Piers Sellers, membawa foto Newton dan potongan kayu pohon apel ke ruang angkasa. Foto ilmuwan abad ke-17 tersebut dipasang di kubah kaca pada Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS). Dari posisi itu Planet Bumi tampak secara utuh.


"Sir Isaac amat menyukainya, menurut saya."

"Sir Isaac amat menyukainya, menurut saya," ujar Sellers. "Kami memasangnya di jendela sehingga dia bisa mengamati potongan kayu pohon apelnya mengambang di ruang tanpa gravitasi. The Royal Society of London membekali Sellers dengan potongan kayu berukuran 4 inci (sekitar 10 sentimeter) yang diambil dari pohon apel yang 350 tahun lalu menjatuhkan buahnya. Saat itulah Newton menemukan hukum gravitasi. Pada potongan kayu itu diukir inisial Newton.
Hari Rabu (19/5/2010) adalah hari ulang tahun ke-350 The Royal Society of London. Hari Rabu kompartemen baru Rusia, Dini Hari (Rassvet), telah terpasang. Pekerjaan besar terakhir, yaitu berjalan di ruang angkasa, Jumat (21/5/2010), untuk menyelesaikan penggantian baterai.
Komandan Atlantis, Kenneth Ham, mengatakan bahwa mereka puas. Pesawat Atlantis ini rencananya adalah yang terakhir. Masih dua pesawat ulang alik akan diluncurkan, yaitu Discovery dan Endeavour, sekitar bulan November. Program ruang angkasa akan fokus pada asteroid dan Mars pada tahun 2025 dan 2035.

0 komentar:

Posting Komentar

Page